Hakimtea @ Wordpress.com

Tips Aman Mudik Menggunakan Mobil

Posted on: September 12, 2009

Tidak terasa ya,  lebaran sebentar lagi euy… Shaum tinggal beberapa hari lagi. Tradisi masyarakat kita menjelang akhir bulan Ramadhan adalah tradisi mudik ke kampung halaman, ya tradisi mudik lebaran! Yang dari merantau di Bandung pulang ke kampungnya masing-masing, ada yang ke Garut, Tasik, Jakarta, Jawa, Sumatera, Bali, Sulawesi, Kalimantan… pokoknya ke seluruh penjuru tanah air Indonesia,:mrgreen:

Bandung pun hampir sama dengan ibukota Indonesia Jakarta, masyarakat asli Bandung mungkin hanya tinggal sekian persen saja di banding dengan masyarakat pendatangnya; baik dari luar pulau Jawa maupun dari kawasan Pulau Jawa itu sendiri, belum lagi etnis China yang juga  hampir memenuhi kawasan-kawasan strategis Kota Bandung, jadi ya warga Bandung hanya tinggal berapa persen saja. Sehingga terlihat lengang saat Hari H, setelah shalat iedul fitri jalanan pun sepi, tak ada tanda-tanda kehidupan seperti biasanya.

Tapi syukur juga kalo Bandung sepi, enak rasanya adem… saya sendiri asli urang Bandung, kedua orang tua saya kelahiran Bandung, dan saya sendiri lahir, tumbuh dan besar di kota kembang tercinta ini.

Anyway, langsung saja ke judul di atas Tips Aman Mudik Menggunakan Mobil yang akan saya coba tuliskan disini bersumber dari Polda Metro Jaya.

Tips aman mudik menggunakan kendaraan roda empat sebagai berikut:

  1. Re-Check atau periksa ulang kondisi kendaraan Anda; seperti ban, tekanan udaranya, rem, kemudi dan bagian kendaraan lainnya.
  2. Re-Check atau periksa kembali seluruh fungsi-fungsi kendaraan Anda.
  3. Jika menemukan kerusakan segera perbaiki dan jangan ditunda-tunda, sehingga mengurangi dampak bahaya pada saat dikendarai jarak jauh, baik bagi Anda, keluarga maupun pengendara lainnya.
  4. Periksa kelengkapan surat-surat kendaraan Anda, Lengkapi jika memang belum lengkap.
  5. Jaga kondisi tubuh, istirahat yang cukup.
  6. Selama perjalanan jangan lupa dan jangan remehkan untuk selalu menggunakan sabuk pengaman.
  7. Apabila mengantuk segera pinggirkan mobil Anda dan beristirahatlah secukupnya. Usahakan cari tempat yang aman dan ramai agar tidak memberikan kesempatan pada tangan-tangan jahil.
  8. Baca bismilah dan berdoa sebelum berangkat.
  9. Berhati-hati dan senantiasa waspada mengemudikan kendaraan Anda.
  10. Terapkan pembelajaran shaum (puasa) yaitu sabar saat berkendara, ingat arus lalu lintas yang padat, merayap (macet) merupakan hal yang biasa ketika musim mudik, maka bersabarlah. Dan mari bersama kita Mengembalikan Jati Diri Bangsa

Demikian Tips Aman Mudik Menggunakan Mobil. Mudah-mudahan membantu dan mempermudah perjalanan Anda.

Selamat mudik dan bagi Anda yang berencana menikmati liburan pariwisata jangan lupa Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang, ga perlu ke luar negeri, berdayakan dan ramaikan potensi wisata domestik

Akhir kata, selamat mudik lebaran dan semoga perjalanan Anda lancar, aman dan selamat sampai tujuan. Amien!

1 Response to "Tips Aman Mudik Menggunakan Mobil"

Tips yang sangat bermanfaat, dapat membantu kelancaran dan kenyamanan pemudik. Apalagi mudik adalah suatu moment yang pasti ditunggu siapapun. Perjalanan jauh pun rela ditempuh, walaupun dibumbui rasa lelah karena jalanan yang padat. Agar perjalanan mudik lancar, segala sesuatu nya harus dipersiapkan seteliti mungkin.
Dengan adanya tips seperti di atas, mudah-mudahan dapat menyadarkan pemudik agar persiapan yang dilakukan tidak asal-asalan. Bagi yang bermaksud pulang mudik, hati-hati di jalan. Semoga selamat sampai tujuan.
Iklan Gratis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: