Hakimtea @ Wordpress.com

Fakta Data, Angka dan Aksi Pelajar Pasca Kelulusan

Posted on: Juni 17, 2008

Euforia KelulusanBerikut ini saya rangkum dari berbagai media cetak dan elektronik fakta angka, data dan aksi para pelajar setelah pengumuman kelulusan ujian tingkat nasional di berbagai kota besar berikut komentar intermezo dan sedikit catatan tidak penting (CTP) yang saya sisipkan pada point terpilih.

Ingin menambahkan CTP? Silahkan tulis komentar di bawah dan tujukan komentar Anda untuk masing-masing point pada kota dibawah dengan memulai komentar dengan CTP + Point: komentar Anda.

Contoh: CTP 1 (Surabaya): Selamat untuk mereka yang lulus dan ikut prihatin bagi mereka yang kesuksesannya tertunda!

Setiap CTP yang masuk saya tinjau dan menambahkan pada masing-masing point kota di bawah.

Dengan menuliskan CTP, Anda mendapat sebuah backlink dari blog ini dan berkesempatan mendapat pengunjung baru setiap harinya (traffic). 🙂

1. Surabaya
Sejumlah siswa merayakan kelulusan dengan tindakan berbahaya dan sangat tidak terpuji. Mereka menyulut tangki bensin sepeda motor sambil berkonvoi keliling Kota Surabaya. Tindakan mereka sempat mengganggu pengguna jalan lain. Mereka mengindahkan larangan pihak sekolah untuk tidak mencorat-coret seragamnya. Polisi pun membubarkan konvoi tersebut karena telah menyebabkan arus lalu lintas terganggu. Konvoi tersebut juga berbahaya karena para pelajar menjalankan kendaraan dengan tidak tertib. Belasan sepeda motor disita dan dibawa ke markas kepolisian setempat.

2. Jombang
Konvoi pelajar menabrak seorang siswi SMA yang baru pulang dari sekolah. Korban luka-luka dan harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Jombang. Ratusan pelajar yang berkonvoi akhirnya dibubarkan polisi.

3. Kediri
Polisi membubarkan konvoi karena dianggap mengganggu ketertiban umum. Para siswa diminta kembali ke rumah atau kendaraan mereka dikempeskan. Bila tetap menggelar konvoi, kendaraan mereka akan disita.

4. Banyuwangi
Polisi merazia para pelajar. Mereka yang tak memakai helm dihalau, sedangkan seluruh tas digeledah. Dari penggeledahan itu, polisi menemukan sangkur. Euforia kelulusan tersebut mendapat perhatian serius polisi setempat.

5. Bandar Lampung
Terjadi antrian panjang di jalan Majapahit dan Tulangbawang akibat pelajar berkonvoi merayakan kelulusan dengan memblokade dua jalan tersebut. Aksi pelajar merayakan kelulusan ujian nasional ini membuat repot polisi.

6. Jakarta
Sebagian siswa lain menyikapi kelulusannya dengan peluk cium dan teriakan kegembiraan. Ini dilakukan para siswa kelas tiga SMAN 35 Jakarta. Sedangkan Bayu Utomo, siswa SMA di Tangerang, Banten, meluapkan kegembiraan karena lulus dengan mencium kaki ibunya.

Wah, emang..yang dilakukan Bayu Utomo pantas diacungi jempol🙂, moga2 dia bisa masuk surga..amiinnn…. istifajar.

7. Tulungagung, Jawa Timur
Suasana haru; tangis dan jeritan ratusan siswa ketika mereka berebut melihat pengumuman kelulusan yang ditempel di sebuah papan. Mengetahui mereka lulus, beberapa siswa bersujud syukur mencium tanah. Seorang siswa sampai jatuh pingsan dengan rasa harunya.

8. Polewali, Sulawesi Barat
Puluhan siswa sekolah menengah atas dam sekolah menengah kejuruan jatuh pingsan setelah dinyatakan gagal. Sejumlah pelajar yang tidak sadarkan diri terpaksa dibawa ke ruang kelas. Sejumlah siswa lainnya yang beruntung berupaya menenangkan teman mereka yang histeris karena tidak lulus. Dari seluruh peserta ujian SMA di Sulawesi Barat, persentase ketidaklulusan mencapai 40 persen.

9. DKI Jakarta
Tingkat kelulusan SMA di DKI Jakarta untuk tahun ini mencapai 92 persen dan delapan persen di antaranya tidak lulus. Bagi siswa yang tidak lulus masih ada jalan lain yang bisa ditempuh, yakni mengikuti ujian kesetaraan tingkat lanjutan atas yang dikenal dengan Paket C. Selain diakui pemerintah tidak sedikit lulusan Paket C yang berprestasi di perguruan tinggi ternama.

10. Padang, Sumatra Barat
Sejumlah siswa pingsan karena tidak lulus ujian nasional. Mereka tidak bisa menahan kesedihan sementara teman-temannya bersuka ria. Tingkat kelulusan siswa di Padang jauh menurun. Saat ini prosentase kelulusan siswa hanya sekitar 93 persen, sementara tahun lalu 96 persen. Salah satu sekolah yang siswanya banyak tidak lulus adalah Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Padang. Dari 319 peserta ujian, sebanyak 95 siswa dinyatakan tidak lulus.

11. Purwokerto, Jawa Tengah
Tangis histeris dan kesedihan menggelayuti SMK Swagaya. Belasan siswa bahkan pingsan karena dinyatakan tidak lulus. Kesedihan juga dirasakan sejumlah orangtua siswa yang mendampingi anak-anak mereka melihat pengumuman. Para guru tak dapat berbuat banyak untuk menenangkan siswa sehingga kejadian ini membuat panik pihak sekolah.

12. Kalimantan Barat
9.600 siswa dari 34 ribu dinyatakan tidak lulus. Angka kelulusan untuk tahun ini tidak jauh berbeda dengan angka kelulusan sebelumnya.

13. Makassar, Sulawesi Selatan
32.000 siswa dinyatakan tidak lulus, isak tangis mewarnai pengumuman hasil ujian di kota tersebut. SMK 8 Makassar, sekitar 56 persen dari 200 siswanya dinyatakan tidak lulus. Angka ketidak lulusan kali ini lebih tinggi dibanding tahun lalu. Ini menunjukkan kualitas dan pola pendidikan yang diperoleh siswa kurang memadai.

14. Makassar, Sulawesi Selatan
Pemerintah menunda pengumuman hasil ujian ratusan siswa di enam sekolah di Kota Makassar. Ini karena ada kasus kecurangan yang dilakukan para gurunya.

15. Balikpapan
Ribuan siswa sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan di Balikpapan, Kalimantan Timur, merayakan kelulusan dengan mencorat-coret pakaian seragam dan melakukan konvoi di sepanjang jalan Jenderal Sudirman, Jalan Ahmad Yani, dan ring road Balikpapan.

16. Palu, Sulawesi Tengah
Dari tiga ribu siswa SMA di Kota Palu yang ikut ujian nasional, sekitar 500 siswa di antaranya tak lulus. Penyebabnya diduga, para siswa menjadi korban beredarnya KUNCI JAWABAN UJIAN NASIONAL PALSU. Salah satunya contekan yang dipakai siswa Sekolah Menengah Kejuruan 8 Makassar. Dari 82 ribu siswa SMA dan SMK se Sulawesi Selatan, sekitar 32 ribu siswa tak lulus ujian. Dengan begitu jumlah siswa yang tak lulus tahun ini lebih dari 40 persen.

CTP: Kenapa pilih yang palsu padahal yang asli kan banyak… Hakimtea. *ini contoh CTP saya*😀

Silahkan tulis CTP Anda…

6 Tanggapan to "Fakta Data, Angka dan Aksi Pelajar Pasca Kelulusan"

aku belum punya ctp kang… baca aja ya…😀

CTP 6:Wah, emang..yang dilakukan Bayu Utomo pantas diacungi jempol🙂, moga2 dia bisa masuk surga..amiinnn….

minta salinan pengumuman lulusan smu 2008/2009 ya !

aku belom dapet pengumuman kelulusan neh, udah 5x bolak balik ke sekolah tapi belom dapet alasan yang jelas tentang kapan pengumuman itu di bagikan…katanya besok, katanya lusa, katanya besok pagi, katanya besok siang..selalu kalimat2 seperti itu yang unie dapet dari teman/pihak sekolah…sebenarnya kalo emank beneran mau di bagiin, kasih dong pengumuman yang jelas..kalo pihak sekolah udah dapet pengumuman dari pusat, baru di umumin ke anak2..ini mah dari pusatnya belom dapet malah anak2 udah suruh nunggu di sekolah,,,kan kasian yang punya keperluan jadi terganggu…katanya sih sekolah uni besok pengumumanya. tapi unie dapet info dari dinas katanya pengumuman wat smk di cirebon itu hari jumat/sabtu..tuh kan..dari dinasnya aja belom pasti…gimana kita mao percaya coba??

Kasih tau daftar klulusan smk 3 palu ya?

sy ckUP PRIHatin sm siswa SMA yG g’ Luluz thun ini,kyax tiap thun tmbh bxk aj……….!!!!!, skrg aQ bru mw naik klz 3 N psti aQ akn ikut UN jg,,,,, jd tkut juga niecchh……..!!pokox bwt ka2 klz 3 yg bru aja pengumuman slmt yaaccchhh….!!!!bwt yng m’dptkn hsil yg baik N bwt yg blm dpt hsil yang baik sbr aj yAAAcchhh…!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: