Hakimtea @ Wordpress.com

Genk Nero dan Premanisme Sekolah

Posted on: Juni 15, 2008

Genk NeroBukan kali ini saja kekerasan di area pendidikan (sekolah) terblowup ke berbagai media. Setelah genk motor Brigez dari Bandung yang pernah membuat gempar dengan aksi brutalnya. Kini tampil giliran kaum hawa yang seharusnya bersikap dan berhati lembut dan jauh dari apa yang disebut kekerasan malah bertindak demikian, layaknya kaum adam, siswi-siswi smu kelas 1 yang tergabung dalam genk Nero singkatan dari neko-neko di keroyok ini bertindak layaknya preman.

Ada apa sebenarnya dengan pendidikan kita? Atau lebih tepatnya, ada apa dengan kaum hawa kita?🙂

Sabtu (14/6) kemarin berbagai stasiun televisi memberitakan 4 pentolan genk nero di Juwana Pati Jawa Tengah ditetapkan sebagai tersangka berdasarkan bukti rekaman dari sebuah telepon genggam milik salah satu anggota genk tersebut. Mereka dikenai pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan dan terancam maksimal lima tahun penjara. Aksi genk nero di mulai sejak setahun yang lalu dan kini polisi lebih mengintensitaskan penyelidikan akan kemungkinan bertambahnya jumah korban.

Minggu sore ini kembali saya saksikan berita rekaman terbaru anggota genk Nero yang tampak lebih beringas dari rekaman sebelumnya, aksi pengeroyokan. Siang ini tiga dari empat pentolan genk Nero mendapatkan sanksi tegas dari pihak komite sekolah mereka mendapat DO (drop out), namun apakah hukuman tersebut sudah merupakan jalan keluar yang terbaik? Keputusan yang tepat? Sudah tepatkah keputusan tersebut sebagai upaya menghentikan tindakan premanisme di lingkungan sekolah?

Kini Maya, Ratna, (SMA Batangan) Tika (SMA 1) dan Yunika masih mendekam di sel tahanan kepolisian Resor Pati dan berstatus tersangka mereka dikenakan pasal 170 KUHP tidak tanggung-tanggung ancamannya maksimal 5 tahun penjara.

Saya yakin masih banyak lagi kekerasan lainnya selain genk nero yang bukanlah secara kebetulan terblowup karena rekaman dari telepon genggam seperti halnya rekaman telepon genggam siswi-siswi smu yang tengah mandi dan telanjang bersama tempo hari yang lalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: